وَإِنَّ الأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوا دِينَارًا وَلَا دِرْهَمًا، إِنَّمَا وَرَّثُوا العِلْمَ، فَمَنْ أَخَذَهُ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ» [رواه أبو داود (٣٦٤١)، والترمذي (٢٦٨٢)، وصحَّحه الألباني في «صحيح أبي داود» (٣٦٤١)].

Setelah selesai dari penyebutan alamat-alamat rofa' selanjutnya Al-Musonnif menyebutkan alamat-alamat nashob

قال: وللنصب خمس علامات: الفتحة والألف والكسرة والياء وحذف النون.

💡Berkata Almusonnif rohimahullah : Dan untuk nashob ada lima alamat : Fathah, Alif, Kasroh, Ya' dan hadzfunnun.

🔖 Tatkala Almusonnif selesai menyebutkan alamat² rofa' selanjutnya beliau menyebutkan alamat² nashob.

قال: فأما الفتحة فتكون علامة للنصب في ثلاثة مواضع؛ في الاسم المفرد وجمع التكسير والفعل المضارع إذا دخل عليه ناصب ولم يتصل بآخره شيء.
💡 Beliau Ibnu Ajurum rohimahullah berkata : Maka adapun Fathah dia menjadi alamat nashob pada tiga tempat; pada isim mufrod, jama'taksir dan fiil mudhori' yang apabila masuk padanya salah satu perangkat penashob dan fiil mudhori'nya tidak bersambung dengan sesuatu apapun.

🔹 Pertama isim mufrod, contohnya :
أَكْرَمْتُ مُحَمَّدًا¹
Pada contoh diatas syahidnya adalah kata محمدا yang mana dia sebagai maf'ul bih, berarti dia manshub dan alamat nashobnya adalah fathah dzohiroh dikarenakan kata tersebut isim mufrod.

🔸 Kedua jama' taksir, contohnya :
حَفِظْتُ أَبْيَاتًا مِنْ الشِّعْرِ²
Pada contoh diatas syahidnya adalah kata أبياتا yang mana dia menempati kedudukan maf'ul bih yang berarti manshub dan alamat nashobnya adalah fathah dzohiroh dikarenakan dia adalah jama'taksir.

🔹Ketiga fiil mudhori' yang apabila kemasukan penashob dan fiil mudhori'nya tidak bersambung dengan sesuatu apapun, contohnya :
لَنْ يَأْكُلَ المُسْلِمُوُنَ الخِنْزِيْرَ³
Pada contoh diatas syahidnya adalah kata يأكل yang mana dia kemasukan penashob yakni لن maka kata tersebut manshub dan alamat nashobnya adalah fathah dzohiroh dikarenakan dia adalah fiil mudhori'yang tidak bersambung dengan sesuatu apapun.

📝 Footnote : I'rob contoh diatas sebagai berikut:
¹أكرم : فعل ماض مبني على السكون لا محل له من الإعراب.
والتاء : ضمير متصل مبني على الضم في محل رفع فاعل.
محمدا : مفعول به منصوب وعلامة نصبه فتحة ظاهرة على آخره لأنه اسم مفرد.
²حفظ : فعل ماض مبني على السكون لا محل له من الإعراب.
والتاء : ضمير متصل مبني على الضم في محل رفع فاعل.
أبياتا : مفعول به منصوب وعلامة نصبه فتحة ظاهرة على آخره لأنه جمع التكسير.
من : حرف جر مبني على السكون لا محل له من الإعراب.
الشعر : اسم مجرور ب(من) وعلامة جره كسرة ظاهرة على آخره لأنه اسم مفرد.
³لن : حرف نصب ونفي واستقبال مبني على السكون لا محل له من الإعراب.
يأكل : فعل مضارع منصوب ب(لن) وعلامة نصبه فتحة ظاهرة على آخره لأنه الفعل المضارع الذي لم يتصل بآخره شيء.
المسلمون : فاعل مرفوع وعلامة رفعه الواو لأنه جمع المذكر السالم.
الخنزير : مفعول به منصوب وعلامة نصبه فتحة ظاهرة على آخره لأنه اسم مفرد.

⌨️Diketik Oleh : Abu 'Abdillah Wajid Ar-Riyawiy Waffaqohullahu.

🖥️Visit My Blog : http://bit.ly/2mAORL9

📚Sumber : Kitab Attuhfah Alwashobiyyah Fii Tashhil Matn Alajrumiyyah dan catatan dari Al-Mudarris Abu Malik Imaduddin hafidzohullah ta'ala.
Labels: Bahasa Arab, Nahwu

Thanks for reading Setelah selesai dari penyebutan alamat-alamat rofa' selanjutnya Al-Musonnif menyebutkan alamat-alamat nashob. Please share...!

0 Komentar untuk "Setelah selesai dari penyebutan alamat-alamat rofa' selanjutnya Al-Musonnif menyebutkan alamat-alamat nashob"

Back To Top